Selamat berkunjung di blog ini, jangan lupa tinggalkan komentar anda, terima kasih....

Minggu, 02 Agustus 2009

Keutamaan Bulan Sya`ban

Sya`ban adalah salah satu bulan yang di mulyakan oleh Allah selain bulan Romadlon. Sabda Nabi Muhammad SAW: " Keutamaan bulan Sya`ban Atas bulan-bulan yang lain seperti kedudukanku atas nabi-nabi yang lain, sementara kedudukan Romadhon atas bulan-bulan yang lain seperti kedudukan Alloh atas hamba-hambanya. "

Waktu demi waktu yang ada dalam bulan Sya`ban mempunyai nilai yang sangat strategis bagi setiap insan mukmin dalam kaitannya dengan tata kehidupan maupun dalam tata peribadatan. Siapapun yang dengan tulus ikhlas memberikan hormat kepada bulan sya`ban dengan wujud meningkatkan kwalitas ibadah dan menghindarkan diri dari maksiat , maka baginya di janjikan kemulyaan dunia dan akherat, dan lepas dari masalah dalam kehidupan.

Rasululloh dalam suatu kesempatan bertanya kepada para sahabattentang bulan ini,
"Apakah Kalian mengerti , kenapa di namakan bulan Sya`ban ? para Sahabat menjawab : Alloh dan Rosulnya mengetahui, Rosululloh kemudian menimpali: " Karena didalamnya banyak pahala yang bercabang-cabang. "

Sebagaimana di tegaskan dalam sebuah Hadits, " Barang siapa puasa tiga hari di awal bulan Sya`ban, lalu tiga hari di pertengahannya dan tiga hari di akhirnya,, maka Alloh mencatat baginya pahala 70 nabi dan seakan-akan telah beribadah 70 tahun dan tergolong nantinya orang yang mati Syahid. "

Disabdakan lagi : " Barang siapa mengagungkan Sya`ban dan bertqwa kepada Alloh dengan menjalankan amaliyah pengabdian dan menjauhkan dari segala tindak kemaksiatan, maka Alloh akan mengampuni dosa-dosanya dan menjamin keamanannya pada tahun adari segala mara bahaya serta terhindar dari segala penyakit."

Kemulyaan dan keutamaan Sya`ban ini erat kaitannya dengan persiapan yang harus di lakukan oleh setiap insan muslim dalam menyongsong datangnya bulan yang agung yakni bulan Romadlon. Dengan harapan disaat Romadlon tiba kita sudah benar-benar dalam kondisi hati yang bersih.


Bulan rojab untuk menyucikan anggota lahir, Sya`ban penyucian hati dan Romadlon penucian hati. Sy`ban semakin istimewa karena didalamnya ada malam yang di mulyakan yaitu malam Nisfu Sya`ban, di mana digelar segala kemurahan Alloh.

Sabda Nabi: " Ketika Nisfu Sya`ban telah tiba bersegeralah ibadah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya karena sesungguhnya pada waktu itu kebesaran dan kasih Alloh berada di langit paling rendah, lalu Alloh berfirman : "Adakah oramg yang berdo`a maka aku kabulkan, adakah yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah yang nemohon kelapangan Rizki maka aku beri." Demikian hingga fajar meyingsing.

Semoga dengan memohon pertolongan dari Alloh kita semua termasuk orang yang senang beribadah terutama di bulan-bulan yang di mulyakan termasuk bulan Sya`ban, Amin Ya Robbal `alamin.

1 komentar:

BUJANG SUSAH mengatakan...

Allahu Akbar...